Cara Mudah Mengambil Peta dari Google Maps - Arif Faiz-In

Terbaru

Saturday 19 January 2019

Cara Mudah Mengambil Peta dari Google Maps

Cara mudah mengambil peta dari google maprs
Google Maps adalah salah satu layanan dari Google yang pasti sudah biasa Anda gunakan untuk melihat lokasi atau jalan di sekitar Anda. Layanan ini selain mudah dalam penggunaannya, juga lengkap dan detail dalam menggambarkan setiap lokasi yang ada.

Anda pasti pernah menggunakannya di smartphone bukan?

Namun, sangat disayangkan peta yang ada tidak dapat disimpan dalam bentuk gambar, sehingga seringkali harus melakukan screenshot untuk mendapatkan gambar tersebut. Tentu saja cara ini tidak efektif. Nah, kali ini ArifFaiz-In akan membagikan beberapa Cara Mudah Mengambil Peta dari Google Maps.

Sebelum itu, tahukah Anda jika ada beberapa situs yang dapat Anda gunakan untuk mengambil peta selain Google Maps, seperti Google Map API dan beberapa situs lain yang ada. Langsung saja berikut caranya :


Menggunakan Google Maps
Cara yang pertama menggunakan Google Maps dan Browser bawaan Anda di komputer/laptop. Cara ini bisa Anda lakukan dengan mudah karena hanya membutuhkan koneksi internet dan browser kesayangan Anda. Berikut caranya : 
  1. Kunjungi Google Maps.
  2. Atur tempat yang ingin Anda ambil, kemudian sesuaikan ukuran zoomnya. Anda bisa juga mengatur sudut peta dan lain-lain sesuai keinginan.
  3. Di sini, Anda bisa mengubah seperti apa bentuk peta yang ingin Anda ambil. Anda juga bisa menampilkan rute lokasi Anda menuju beberapa lokasi di dekat Anda.
    Tampilan google maps
    Tampilan Google Maps
Menggunakan Google Maps API
Cara yang kedua menggunakan Google Maps API, sebenarnya sama dengan Google Maps, situs ini menampilkan bentuk peta yang sama. Hanya saja dengan situs ini Anda bisa mengatur peta yang ingin Anda gunakan, seperti merubah warnanya, menghapus penanda tempat, dan lain-lain. Berikut caranya : 


  1. Kunjungi Google Maps API.
  2. Jika Anda ingin membuat style baru Anda bisa membuatnya dengan klik "Create A Style". Atau bisa juga klik "Import JSON" untuk mengimport tema yang telah Anda buat. Anda bisa menghilangkan label yang ada di peta, mengubah warnanya, ataupun mengecilkan ukurannya. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan tema yang tersedia di panel tersebut. 
    Tampilan import json
    Tampilan "Import JSON"
  3. Anda bisa mengatur setiap elemen dengan menekan "More Options".
    Panel custom style
    Panel custom style
  4. Jika Anda ingin merubah warna jalan klik Road > Geometry > shown lalu centang color dan ubah warnanya sesuai dengan kode warna yang Anda inginkan.
  5. Mengubah tema sesuai leinginan
    Anda bisa mengganti tema sesuai keinginan
  6. Bila Anda ingin menggunakan style tersebut lagi, tekan "Finish" kemudian "Copy JSON" dan simpan di notepad berbentuk .txt. Lalu salin kode tersebut ketika Anda menggunakannya kembali dan tempelkan hasilnya saat membuka situs tersebut dan klik "Import JSON" .
Menghilangkan Elemen Tampilan
Setelah Anda siap menggunakan Google Maps ataupun Google Maps API, Anda pasti kesulitan untuk mengambil gambar peta, karena masih ada beberapa elemen seperti logo Google, Search Bar, dll. Lalu bagaimana cara menghilangkannya? Mudah sekali, ikuti langkah berikut :
  1. Klik kanan kemudian klik "Inspect" atau bisa juga tekan Ctrl+Shift+I hingga terbuka panel Inspect Element.
    Memunculkan panel inspect element
    Memunculkan panel Inspect Element
  2. Tekan Ctrl+Shoft+C untuk memilih elemen yang akan dihapus. Lalu Tekan Delete untuk menghapusnya. Begitu seterusnya hingga tersisa peta yang Anda inginkan.
    Menghapus satu demi satu bagian dari google maps yang tidak dibutuhkan
    Menghapus satu demi satu bagian dari google maps yang tidak dibutuhkan
    Tampilan setelah elemen dihapus
    Tampilan setelah elemen dihapus
  3. Khusus untuk logo Google Anda bisa menghilangkannya dengan cara tekan Ctrl+F kemudian cari seperti gambar di bawah ini, lalu Delete.
    Menghilangkan watermark google
    Menghilangkan watermark Google
  4. Kemudian Anda bisa mengambil gambar manual dengan menekan Print Screen di keyboard Anda, atau juga bisa menggunakan ekstensi seperti ScreenGrab, dan lain-lain. Selesai. Kini Anda bisa mengambil peta dari google dengan mudah tanpa dihalangi elemen.
Usai berhasil mengambil peta Google Maps tersebut, Anda bisa menggunakan peta tersebut menjadi denah menarik ataupun berbagai keperluan lainnya dengan mudah. Anda bisa membaca artikel tentang Cara Membuat Peta / Denah Lokasi Keren dengan CorelDRAW untuk mengetahui lebih lanjut. Selain itu, cara ini bisa juga Anda gunakan untuk berbagai keperluan lainnya, seperti menghilangkan tampilan iklan yang menurut Anda mengganggu, dan lan-lain.

Sekian, informasi tentang Cara Mudah Mengambil Peta dari Google Maps. Semoga Anda bisa menggunakannya untuk keperluan sehari-hari. Semoga artikel ini bermanfaat, dan mohon maaf bila ada kekurangan. Terima kasih telah berkunjung.

1 comment:

  1. Informasi yang sangat bermanfaat, jangan lupa kunjungi tipswebsitee membahas teknologi dan seputarnya

    ReplyDelete